PELAKSANAAN BULAN IMUNISASI ANAK SEKOLAH(BIAS) DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BINAKAL

 

BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah) merupakan Program Kesehatan secara nasional meliputi pemberian Imunisasi pada anak sekolah tingkat dasar dilaksanakan satu kali dalam setahun yaitu setiap bulan agustus meliputi imunisasi MR dan TD  dan bulan november meliputi imunisasi DT, TD dan HPV.                                           

Pemberian imunisasi atau vaksin kepada anak sekolah ini merupakan kebijakan pemerintah pusat yang harus dilaksanakan diseluruh Indonesia. imunisasi adalah suatu cara untuk menimbulkan atau meningkatkan kekebalan seseorang secara aktif terhadap suatu penyakit, sehingga bila kelak ia terpapar suatu penyakit maka tidak akan menderita penyakit tersebut. Imunisasi lanjutan adalah imunisasi ulangan untuk mempertahankan tingkat kekebalan diatas ambang perlindungan atau untuk memperpanjang masa perlindungan.

Hari Kamis, 01 Agustus 2024 pukul 07.30 WIB di SD Negeri Binakal  dan SD Gading Sari telah melaksanakan BIAS, Sasaran imunisasi vaksin ini adalah anak - anak Sekolah Dasar Kelas I dan Kelas V, Untuk kelas I adalah pemberian imunisasi MR, dan kelas V adalah pemberian imunisasi TD.  Pemberian Imunisasi ini dilakukan oleh para petugas dari Puskesmas / Poskesdes setempat. 

Pemberian vaksin sejauh ini tidak mengalami kendala di lapangan mengingat sebelumnya telah dilakukan sosialisasi pada masyarakat khususnya para orang tua wali murid. orang tua wali murid tidak keberatan anaknya diberi imuisasi tambahan meskipun anak sehat, namun jika anak dalam kondisi sakit tidak diberi imunisasi agar tidak terjadi hal - hal yang tidak diinginkan. Jikalau ada anak yang tidak masuk sekolah pada waktu pemberian vaksin maka petugas medis sudah mengantisipasinya dengan menganjurkan anak untuk diberi vaksin di Puskesmas.

Kegiatan pelaksanaan imunisasi di sekolah kami berjalan dengan baik dan lancar. Kesadaran terhadap pentingnya Imunisasi baik siswa-siswi maupun dukungan dari wali murid sangat membantu kelancaran pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Sekolah. Selain itu kami berharap kedepannya tetap dilaksanakan program-program kesehatan yang baik ini agar generasi kita sehat, proses pembelajaran lancar dan suksespun dapat kita raih.

Share Berita Ini