Deteksi Dini Penyakit Kusta, Puskemas Binakal Gelar School Survey Kusta Pada Murid SD dan MI

Mendeteksi sedini mungkin Penyakit Kusta pada anak sekolah, Puskesmas Binakal melakukan School Survey (Skrining) Kusta kepada murid-murid SD/MI di wilayah kerja puskesmas di wilayah Kecamatan Binakal

Kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun di wilayah kerja puskesmas Binakal Kegiatan skrining pada Agustus 2024 telah dilakukan di  13 SD/MI pada murid kelas 1 dan 2.

pelaksanaan skrining dilaksanakan Penanggung Jawab Program Kusta bersama Petugas Promkes Puskesmas Binakal

Diharapkan dengan adanya School Survei Kusta di SD/MI akan dapat mempercepat penemuan dan pengobatan Penyakit Kusta sedini mungkin.

DETEKSI DINI

Tujuan dari kegiatan ini, urai Yayah R Dewi, untuk mendeteksi sedini mungkin Penyakit Kusta yang terjadi pada anak sekolah, karena jika tidak cepat diobati akan dapat mengakibatkan kecacatan atau kematian.

Bila sudah ditemukan sedini mungkin dan lalu diobati, diharapkan penderita akan mengalami kesembuhannya.

Adapun cara melakukan Skrining Kusta pada anak sekolah, yaitu dengan melakukan pemeriksaan bercak yang ada pada tubuh (misalnya pada lengan siswa) kemudian dilakukan tes dengan menggunakan kapas yang sudah dililit.

Jika siswa tidak terasa apapun pada saat dilakukan pemeriksaan, maka itu mengarah pada Suspek Kusta. Karena gejala utama Kusta adalah mati-rasa pada kulit yang terdapat bercak,

Ditambahkan sebelum melakukan skrining, petugas puskesmas akan memberikan penyuluhan mengenai Penyakit Kusta dan PHBS.

Dari 13 SD/MI yang dilakukan skrining, tidak ada yang dicurigai Penyakit Kusta, sesuai hasil pemeriksaan.

Share Berita Ini